Senin, 18 Oktober 2010

Sejarah Search Engine

Pada tahun 1990, Alam Emtage, seorang mahasiswa McGill University di Kanada, menciptakan alat pertama untuk mempermudah pencarian data di internet, alat ini bernama Archie.


Archie bukanlah search engine seperti yang kita lihat sekarang, namun cukup disukai pada masanya.
Pada prinsipnya, Archie adalah indeks atau daftar isi dari semua file yang dapat diakses oleh pengunjung pada jaringan komputer tertentu.

Indeks tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database untuk mempermudah pencarian.
Meskipun tidak secanggih search engine masa kini seperti Google Yahoo BING yang memiliki kemampuan menganalisa struktur bahasa "manusia", pada masanya Archie dianggap alat yang hebat dan dalam melakukan tugasnya Archie menyediakan indeks file dalam satu sistem jaringan komputer untuk memudahkan pencarian.

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa lain bernama Mark McCahill dari University of Minnesota menciptakan Gopher.
Gopher memiliki kemampuan untuk mencari file melalui teks yang ada di dalam file, tanpa perlu mengetahui nama file dan struktur direktori tempatnya tersimpan.

Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-Wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display) diciptakan untuk memungkinkan pencarian berbasis teks pada Gopher Index System.

Pada tahun 1993, Mattew Gray menciptakan Wandex, yaitu mesin pencari pertama dalam bentuk seperti yang kita lihat saat ini.
Wandex adalah program pertama yang menyusun indeks dan melakukan pencarian dalam indeks.
Teknologi inilah yang pertama kali menjelajahi jaringan internet.

Larry Page dan Sergey Brin, lulusan Universitas Stanford, mengembangkan "BackRub", yaitu search engine yang mengandalkan algoritma matematika untuk menilai informasi yang menonjol dari halaman web.
Sistem penghitungan yang digunakan adalah algoritma Page Rank atau Ranking dari sebuah web sebagai fungsi kuantitas dan kekuatan inbound link.

Jadi SENGINEKU bisa menyimpulkan urutan asal mula sejarah search engine adalah sebagai berikut:
1. Archie tahun 1990.
2. Gopher tahun 1991.
3. Wandex tahun 1993.