Minggu, 17 Oktober 2010

Mesin Pencari | Search Engine

Mesin pencari atau search engine adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk membantu pemakai komputer menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, baik itu di komputer sendiri atau pun komputer web server.

Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta konten media dengan kriteria yang spesifik biasanya yang berisi kata atau frase yang kita tentukan, kemudian kita akan memperoleh daftar informasi atau file yang memenuhi kriteria tersebut.

Search engine biasanya menggunakan indeks yang sudah dibuat sebelumnya secara teratur untuk mencari informasi atau file setelah pengguna memasukkan kriteria kata kunci dalam pencariannya.

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari database WWW (World Wide Web).
Halaman-halaman ini diambil menggunakan web crawler-web browser otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya.

Isi setiap halaman lalu dianalisa untuk menentukan cara untuk mengindeksnya.
Pengindeksan ini dinamakan meta tag yaitu kata-kata diambil dari judul, sub judul atau field khusus.

Data tentang halaman web kemudian di simpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.
Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut cache beserti informasi tentang halaman web itu sendiri.

Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin pencari lalu akan mencarinya di indeks.
Kemudian mesin pencari / search engine Google, Yahoo atau Bing akan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriteria pada query atau kata kunci yang diketikkan oleh si pemakai.

Daftar halaman web tersebut akan disertai dengan ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.